Friday, November 9, 2018

Inovasi Untuk Cianjur Smart City


INOVASI UNTUK CIANJUR SMART CITY – Kabupaten Cianjur yang saat ini dipimpin oleh Bapak Drs. H. Irvan Rivano Muchtar, S.Ip, SH, M.Si sudah mengalami banyak perkembangan yang signifikan. Mulai dari pembangunan seperti infrastuktur jalan, tugu-tugu, dan taman-taman yang bisa dibilang kekinian menjadikan Cianjur lebih baik. Tetapi masih banyak inovasi-inovasi untuk Cianjur agar konsep Smart City bisa diterapkan. Smart City itu sendiri adalah wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Inovasi Untuk Cianjur Smart City
Sumber Gambarhttps://alyudhablog.wordpress.com/2017/11/17/program-smart-city


Tetapi masih ada kendala yang harus kita benahi seperti kurangnya kesadaran masyarakat, fasilitas yang belum sepenuhnya memadai, dan masalah pendidikan yang belum sepenuhnya memadai juga.
Sebagai warga Cianjur sendiri, saya mempunyai inovasi seperti dibawah ini : 

      1. Clean & Clear

    Clean & Clear adalah salah satu inovasi untuk Cianjur. Maksudnya adalah sudah waktunya cianjur bersih dari sampah, bersih dari pungli, bersih dari tindak kejahatan dan criminal, dan tentunya bersih dari korupsi. 

Inovasi Untuk Cianjur Smart City
Sumber Gambar http://tolololpedia.wikia.com/wiki/Berkas:Buanglah_Sampah_Pada_Tempatnya_by_BLUEgarden.jpg


Diharapkan masyarakat Cianjur sadar akan kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak menutupi celah pembuangan air di trotoar sehingga tidak akan terjadi banjir, karena sudah mulai terasa banjir di Cianjur. Dan tentunyaa jangan sampai ada kasus korupsi di Cianjur yang bisa mencemarkan nama baik Cianjur. Diharapkan pemerintah dan masyarakat sadar akan Clean & Clear bisa terealisasikan dengan baik.
 
      2. Tertib Angkot

    Maksud dari inovasi ini adalah agar angkutan umum di Cianjur bisa di benahi, baik itu dari jalur angkot, jumlah angkot, dan pengemudi angkotnya itu sendiri agar tidak menimbulkan kemacetan. Saya sering merasakan kemacetan yang disebabkan oleh angkot yang ngetem sembarangan dan menaik turunkan penumpang dimana saja. 

 
Inovasi Untuk Cianjur Smart City
Sumber Gambar http://jabar.tribunnews.com/2016/01/26/pemkab-cianjur-tak-berikan-kepastian-perubahan-5-trayek-angkot

Mengubah jalur angkot misalnya seperti memindahkan jalur yang melewati jalan kecil dipindahkan ke jalan yang besar, menentukan titik ngetem angkot atau pemerintah bisa membuat sub terminal untuk angkot agar tidak ngetem sembarangan, membatasi jumlah angkot dan mengecek surat ijin trayek angkot mungkin bisa menjadi solusi mengurangi kemacetan karena Cianjur ini kota kecil tetapi jumlah angkot selalu bertambah, dan tentunya pengemudi angkot yang masih dibawah umur dan belum memiliki pengalaman untuk mengemudikan angkot tentunya tidak boleh diizinkan untuk mengmudikan angkot karena bisa membahayakan penumpangnya itu sendiri.
 
      3. Cianjur Sehat
          
 
Inovasi Untuk Cianjur Smart City
Sumber Gambar https://news.detik.com/berita/4017132/mau-berobat-pakai-kartu-bpjs-kesehatan-ini-prosedurnya

          Cianjur sehat adalah sebuah inovasi agar seluruh masyarakat Cianjur bisa bebas berobat tanpa dipersulit oleh fasilitas kesehatan dan tidak membedakan mana pasien BPJS dan pasien umum. Diharapkan pemerintah bisa membuat peraturan agar setiap fasilitas kesehatan baik itu klinik maupun rumah sakit tidak pilih-pilih terhadap pasien, karena sehat itu adalah hak pasien.

 
Dengan diterapkannya smart city diharapkan Cianjur bisa lebih baik lagi dan tidak ada permasalahan seperti banjir, kemacetan, kerusuhan, korupsi, tindak criminal dan segala hal yang bisa meresahkan dan mengganggu kenyamanan masyarakat Cianjur itu sendiri. Oleh karena itu saya harapkan masyarakat Cianjur bisa sadar dan jika ingin memberikan inovasi untuk Cianjur tercinta ini silahkan saja sampaikan pendapat kalian selagi itu positif.

No comments:

Post a Comment